Skip to main content

Ilusi Sosial

Ilusi Sosial adalah ilusi yang terjadi pada persepsi sosial. Berikut adalah macam-macam Ilusi Sosial :
1. Stereotip adalah cara pandang terhadap suatu kelompok sosial dimana cara pandang tersebut digunakan pada setiap kelompok tersebut. Kita memperoleh informasi dari pihak kedua maupun media, sehingga kita cenderung untuk menyesuaikan informasi tersebut agar sesuai dengan pemikiran kita. Ini sudah merupakan pembentukan stereotip. Stereotip bisa berkaitan dengan hal positif atau hal negatif, stereotip bisa benar juga bisa salah, stereotip bisa berkaitan dengan individu atau subkelompok.
Contoh Stereotip sebagai berikut :
– Orang gemuk biasanya malas dan rakus.
– Orang arab teroris.
– Aparat keamanan selalu saja bisa disogok dengan uang.
2. Fanatisme adalah suatu keyakinan atau suatu pandangan tentang sesuatu, yang positif atau yang negatif, pandangan yang tidak memiliki sandaran teori atau pijakan kenyataan, tetapi dianut secara mendalam sehingga susah diluruskan atau diubah.
 Contoh Stereotip sebagai berikut :
 Seorang remaja yang langsung mengernyitkan wajahnya tidak suka karena melihat sebuah aktivitas keagamaan di televisi. Saat ditanya mengapa berlaku demikian, sang remaja itu berkata memang tidak menyukai semua hal yang berhubungan dengan aktivitas agama lain. Sebuah pandangan yang menurut saya pribadi tidak tepat.
3. Rasialisme adalah suatu penekanan pada ras atau pertimbangan rasial. Kadang istilah ini merujuk pada suatu kepercayaan adanya dan pentingnya kategori rasial. Dalam ideologi separatis rasial, istilah ini digunakan untuk menekankan perbedaan sosial dan budaya antar ras.
 Contoh Stereotip sebagai berikut :
Konflik yang sudah terjadi antara suku Dayak dan suku Madura sejak dulu telah terjadi. 
4. Efek Halo adalah penilaian seseorang berdasarkan pendapat pribadi yang dilakukan secara sepintas/singkat dipengaruhi oleh penampilan pertama atau kesan pertama yang melekat pada orang yang dinilai. Halo effect ini dapat mempengaruhi evaluasi dan estimasi penilaian seseorang kepada orang yang dinilai
Contoh Stereotip sebagai berikut :
Pewawancara terkesan pada pandangan pertama yaitu cara berbicara/berdiplomasi, cara berpakaian, dan atau penampilan fisik cantik atau ganteng. Pendapat pribadi ini terkesan terburu-buru sehingga tidak fokus pada estimasi yang dibutuhkan, yang dapat mempengaruhi penilaian seorang pewawancara/intervier dalam menentukan pilihannya.

Comments

Popular posts from this blog

7 Konoha Jonin Terkuat Dari Boruto

Jonin adalah istilah untuk Shinobi yang berpengalaman tinggi, yang ditugaskan untuk misi paling atas di Naruto. Mereka sangat kuat. Kebanyakan Jōnin memiliki lebih dari dua sifat sekaligus. Mereka juga memiliki kemampuan Genjutsu dan Taijutsu yang layak. Sementara ada beberapa shinobi kuat di Boruto, beberapa dikelompokkan sebagai Jōnin. Hari ini, saya telah membuat daftar Jonin Konoha Shinobi terkuat dari seri Boruto. Mari kita mulai : 1. Moegi Moegi pernah menjadi anggota Tim Ebisu. Dia sekarang adalah Jonin elit dari Konohagakure. Moegi telah ditugaskan ke Ino-Shika-Cho, sebagai pemimpin mereka. Ini berarti dia pasti ahli dalam kerja tim, dan keterampilan berkelahi jarak dekat. Kami belum benar-benar melihat banyak dari dirinya sejauh ini, tapi dia cenderung sangat kuat. 2. Yamato Yamato masih merupakan Konoha Jonin yang aktif dari Boruto. Dia salah satu dari sedikit karakter yang memiliki kemampuan menggunakan gaya kayu ninjutsu. Yamato sangat kuat. Dia...

ANALISIS ISI, ANALISIS WACANA, ANALISIS SEMIOTIK DAN ANALISIS FRAMING

Analisis Isi Analisis isi (Content Analysis) adalah tekhnik penelitian untuk membuat inferensi – inferensi yang dapat ditiru (replicable), dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya. Analisis isi berhubungan dengan komunikasi atau isi komunikasi. Logika dasar dalam komunikasi, bahwa setiap komunikasi selalu berisi pesan dalam sinyal komunikasinya itu, baik berupa verbal maupun nonverbal. Sejauh ini, makna komuniaksi menjadi amat dominan dalam setiap peristiwa komunikasi. Sebenarnya analisis isi komunikasi amat tua umurnya, setua umur manusia. Namun, panggunaan teknik ini diintoduksikan di bawah nama analisis isi (content analysis) dalam metode penelitian tidak setua umur penggunaan istilah tersebut. Tuanya umur penggunaan analisis isi dalam praktik kehiudupan menusia terjadi karena sejak ada manusia di dunia, manusia saling menganalisis makna komunikasi yang dilakukan antara satu dengan lainnya. Gagasan untuk menjadikan analisis isi sebagai teknik penelitian justru muncul...

6 Cara Membuat Bibir Berwarna Merah Muda Alami

Senyum akan nampak lebih indah saat disunggingkan oleh bibir yang nampak merah muda alami. Terdapat berbagai produk kosmetik yang bisa membuat bibir terlihat merah merona. Namun, produk kosmetik ini tidak hanya mahal, namun juga belum tentu aman. Cara alami tentu lebih direkomendasikan untuk merawat bibir Anda agar nampak tetap terlihat cantik. Penyebab Bibir Berwarna Gelap Bibir yang awalnya terlihat merah muda alami, bisa saja perlahan-lahan nampak lebih gelap. Apa saja penyebab hilangnya warna bibir alami? Berikut diantaranya: (a) Penuaan Bertambahnya usia adalah salah satu alasan utama bibir nampak lebih gelap. Produksi berbagai enzim dan hormon penting untuk mempertahankan tampilan fisik secara keseluruhan akan semakin berkurang seiring usia yang bertambah. (b) Paparan matahari Paparan sinar matahari berlebih menyebabkan bibir berwarna gelap karena sinar UV yang berbahaya. (c) Merokok Merokok juga menjadi penyebab bibir terlihat lebih gelap. (d) K...